Blogger Demit : Blogger Desa Melek IT

Istilah “Blogger Demit” pertama kali diperkenalkan sekaligus dipublikasikan oleh dedengkot Blogger Nusantara, Suryaden pada postingannya tentang Nyadran 2.0

Nyadran 2.0 sendiri adalah “event brand name” dari acara Lokakarya V Gerakan Desa Membangun di Desa Dawuhan Kec. Banyumas, Kab. Banyumas 13-14 Juli 2012 nanti. Lokakarya tersebut akan diisi dengan seminar dan workshop seputar pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi ( TIK ) serta pengelolaan sumber daya Desa.

Nah, para perangkat desa dan pemuda desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun itu kini tengah aktif dan terus belajar memanfaatkan TIK, salah satunya Blog, sebagai media publikasi dan komunikasi lintas komunitas.

Sebagai orang desa yang aktif menjadi Blogger, dan tengah mendalami pengetahuan seputar TIK, maka istilah BLOGGER DEMIT tersebut sangat tepat disematkan kepada para pegiat, pelaku dan pendukung Gerakan Desa Membangun.

SIAPA SAJA?

Terdiri dari para Kepala Desa, Perangkat Desa, Kepala Dusun, Aktifis Desa, Pemuda Desa, Karangtaruna, Ibu-ibu PKK , pengajar PAUD hingga para Blogger yang sehari-hari hidup di web browser 🙂

Mereka –termasuk saya, adalah orang-orang Desa, orang-orang yang terlahir dan besar di Desa, walaupun sebagian kini tinggal di perkotaan, bahkan luar negeri.. mereka, tetap bangga disebut orang Desa.

Tetapi bukan orang Desa yang “udik”, yang “ndeso”, yang “katrok”. Mereka adalah orang-orang Desa yang menjadi Blogger dan sudah melek Teknologi Informasi (IT).

SEBERAPA “MELEK” ?

Mereka sudah sangat cakap menggunakan social media, facebook, twitter, youtube dll. PC, notebook, tablet, smartphone.. mereka juga tidak gagap menggunakannya. Search engine, blogging, diskusi via livechat, forum, email menjadi bagian dari keseharian.

Yang tak kalah penting, mereka juga menggunakan sistem operasi BlankOn Linux, dan beragam aplikasi open source didalamnya. Untuk pelayanan publik, mereka menggunakan Sistem Open Mitra, sebuah aplikasi berbasis web yang dirancang bersama oleh para perangkat Desa, dan bisa diakses darimana saja, terintegrasi dengan portal Desa masing-masing.

BAGAIMANA DENGAN ANDA ?

Salam kenal dari kami, BLOGGER DEMIT, Blogger Desa yang Melek IT, sampai jumpa di NYADRAN 2.0 – Lokakarya V Gerakan Desa Membangun, di Desa Dawuhan, Kec. Banyumas, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

Satu pemikiran pada “Blogger Demit : Blogger Desa Melek IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s