“LingkarSlamet” Forum Komunikasi Desa Lereng Gunung

Bertempat di Balai Desa Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kab. Banyumas, hari ini Sabtu, 2 Maret 2013, perwakilan beberapa Desa yang berada di lereng Gunung Slamet, wilayah Kabupaten Banyumas dan Purbalingga berkumpul, bermusyawarah menggagas sebuah forum komunikasi lintas Desa, lintas Wilayah terkait pengelolaan potensi-potensi Gunung Slamet, dengan nama : “Lingkar Slamet”.

DSC_8126_658x441

Tujuannya, forum Lingkar Slamet ini dapat dijadikan media pengelolaan informasi terkait potensi alam, potensi ekonomi, potensi sumber daya manusia hingga potensi kebencanaan yang terkait dengan Gunung Slamet. Karena selama ini belum ada forum komunikasi lintas Desa, lintas Wilayah kabupaten di lereng Gunung Slamet yang aktif menjembatani berbagai informasi. Padahal, jika informasi dapat terjalin dengan baik antar Desa lereng Gunung Slamet, maka berbagai potensi positif bisa lebih dikembangkan, dan potensi kebencanaan bisa lebih dikelola dan terkoordinir baik, seperti jejaring yang sudah sukses : JALIN Merapi (Jaringan Lintas Informasi Merapi) di 4 Kabupaten sekitar Gunung Merapi, Magelang, Sleman, Klaten dan Boyolali.

Acara dibuka pukul 10.30 oleh Naibul Umam, Perwakilan LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) didampingi oleh Budi Satrio, Kepala Desa Melung, dan Perwakilan RAPI Purwokerto. Dilanjutkan dengan pemaparan pentingnya pengelolaan informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya web, oleh Achmad Munawar, Kades Pancasan Kec. Ajibarang serta Margino, Pemred portal Desa melung.or.id

DSC_8107_658x441

Setelah sesi istirahat, para peserta diajak berdiskusi untuk dapat mengamati situasi dan menuliskannya kedalam sebuah tulisan reportase yang nantinya akan ditulis di situs web Lingkarslamet.or.id. Sebelumnya para peserta mendapatkan presentasi tentang pengalaman menulis di website dari Nasrul, Perangkat Desa Dawuhan Wetan, Makmur, Perangkat Desa Kedungbanteng, Yudi, Karangtaruna Desa Keniten dan Sugiarto, Staff Desa Pandak, Baturraden.

Forum diskusi @LingkarSlamet ini difasilitasi LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang sudah sejak lama bekerjasama dengan Desa Limpakuwus dalam berbagai program pemberdayaan. Juga didukung oleh Gerakan Desa Membangun wilayah Banyumas, Komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala UMP), Komunitas BlankOn Linux Banyumas, Komunitas Blogger Banyumas, Relawan TIK Banyumas dan Bhinneka Ceria.

4 pemikiran pada ““LingkarSlamet” Forum Komunikasi Desa Lereng Gunung

  1. Hey there, I’m a new blogger coming from Piberbach, Austria who found you on https://katasoep.wordpress.com/2013/03/02/lingkarslamet-inisiatif-warga-lereng-gunung-slamet/. Do you have any useful tips for aspiring writers? I’m hope to start
    my own site very soon but I’m a bit lost on everything. Do you think I should begin with a free site like Nucleus or shell out some money into a pay site? There are so many choices out there that I’m completely overloaded.
    .. Any tips?

  2. sip.. keren.. oya nek arep ganti template, dolan RDI pangebatan ya.. ^_^ hari ini ada acara Pelatihan Kelembagaan Desa (hari kedua) sisan melu ndopok ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s