Jalan-jalan : Pindahan Wisma Merdeka ke Pangebatan

Sejak dideklarasikan di akhir 2011, para pegiat Gerakan Desa Membangun biasa berkumpul untuk belajar bersama hingga diskusi dan merumuskan kegiatan-kegiatan di sebuah rumah sederhana bernama Wisma Merdeka, #WM, yang berlokasi di Jl. Merdeka No. 17 Kel. Kranji – Purwokerto Timur, di sebelah warung makan #WM, di belakang Masjid Darussalam milik PT. KAI Daop V Purwokerto.

wm1_2
4/8/2013 : 16.00 wib – Wisma Merdeka, tampak depan.

Pri Anton, juru kunci #WM yang sudah 4 tahun ngekost disana menjadi orang terakhir yang harus boyongan barang-barang ke rumah baru. Selama menjadi mahasiswa D3 Poltek Pratama Purwokerto, Anton juga aktif sebagai fasilitator Gerakan Desa Membangun, juga sebagai koordinator BlankOn Banyumas.

pindah1
6/9/2013 : 08.45 – Anton action banget lah, bawa barang pindahan ^_^

#WM kini tinggal kenangan, Jumat, 6 September 2013, para pegiat Gerakan Desa Membangun memutuskan untuk pindah lokasi tempat berkumpul, ke sebuah rumah di tengah area perkebunan dan peternakan, daerah Rawasalak – Desa Pangebatan Kec. Karanglewas, sekitar 15 menit perjalanan dari #WM lama.

pindah2
6/9/2013 : 09.00 wib – Anton dibantu driver taksi barang, menata barang pindahan

Anton, dibantu teman setianya Chusnull dan saya, sejak pagi sudah sibuk mengemas barang-barang #WM untuk diangkut menggunakan taksi barang, ke Rumah baru di Pangebatan.  Taksi barang, memang tengah ngetren di Purwokerto, tidak susah mencari nomor taksi barang, yang siap mengantar barang kita baik didalam maupun ke luar kota.

Tarifnya relatif terjangkau, dalam kota sekitar Rp 60-80 ribu, sedangkan ke luar kota berkisar Rp 100-150 ribu per-sekali jalan / angkut, tergantung jarak dan kondisi jalan dari tempat pengambilan barang ke lokasi tujuan.

Jam 9.30 pagi, kemas-kemas barang sudah selesai, Anton, Chusnull dan saya menuju ke Rumah baru di Desa Pangebatan.

pindah3
6/9/2013 : 09.45 – Sampai di Rumah Baru, istirahat sejenak ^_^

Rumah, kebuh, tanah serta sebuah pendopo yang cukup luas tersebut adalah milik PSE Unsoed, tetapi sudah beberapa waktu tidak digunakan, karena tidak ada petugas yang tinggal disana. Selama ini kebersihan dan pemeliharaan rumah tersebut dipercayakan kepada Ketua RT setempat.

Setelah “resmi” pindah ke Pangebatan, beberapa pegiat GDM usul untuk menyebut rumah baru tersebut dengan nama baru “Rumah Desa Indonesia” #RDI, dan saya telah menyiapkan papan nama jalan masuk menuju #RDI yang diberi nama “JL. Merdeka” , agar seperti #WM lama, lebih mudah dikenali.

Agenda selanjutnya, tinggal beres-beres rumah baru, bersama para pegiat GDM lainnya ^_^

#pfuh

Satu pemikiran pada “Jalan-jalan : Pindahan Wisma Merdeka ke Pangebatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s