Rebranding : Sanyo jadi AQUA Japan

Malam ini seperti biasa, menemani istri nonton #UTTARANEpisodeEntahKeberapa. Waktu iklan, agak kaget juga, ada Andre Taulany yang mempromosikan “Sanyo kini jadi Aqua Japan”, heu, baru ngeh.. pantesan sekarang kalo nyari merek “sanyo” ga ada produk baru lagi, ternyata jadi “AQUA” hehe.. mirip brand air mineral yg katanya ga bikin gagal fokus itu ya ^_^

Belum liat TVC nya? di kanal youtube Aqua Japan Indonesia sudah ada nih :

Menurut kabar dari mix.co.id pihak Sanyo, eh, Aqua Japan Indonesia sudah melakukan edukasi market serta para distributornya sejak akhir 2015. Biaya untuk promosi dan aktivasi pasca rebranding ini pun tak main-main, budget marketing communicationnya sekitar Rp 20 Milyar. ya! Dua Puluh Milyar Rupiah.

TARGET : KELUARGA MUDA

Diakui Kenji Sadayuki, President Director AQUA Japan Indonesia, penggunaan merek AQUA Japan sudah diperkenalkan di pasar Indonesia sejak akhir tahun lalu. “Tidak menggunakan merek Sanyo, namun memilih menggunakan brand baru AQUA Japan, karena kami ingin menyasar generasi baru, yakni keluarga muda. Di negara tetangga, Vietnam, brand AQUA Japan telah menjadi merek elektronik nomor satu. Oleh karena itu, kami optimis dengan brand baru ini, kami bisa menempati posisi tiga besar di pasar elektronik rumah tangga,” yakin Kenji.

Apakah efektif? ini dia hasil obrolan saya dengan istri, sebagai bagian dari keluarga muda yang katanya dijadikan target market seperti kata Pak Kenji?

KESAN PERTAMA :  RIBET

Ketika mendengar iklan “Aqua Japan”, saya dan istri langsung mengernyitkan kening. Butuh beberapa detik untuk kemudian tersenyum bareng dan berkomentar “Kok Ribet ya? tadinya Sa-nyo, dua suku kata, sekarang jadi A-qu-a Ja-pan, lima suku kata. Lebih panjang, jadi terkesan ribet, ga simpel”.

Kesan pertama, kurang menggoda.

KESAN KEDUA : JAPANISASI

“Aqua Japan” mereknya kenapa pakai nama negara ya? seolah-olah negara itu satu-satunya negara dengan teknologi paling canggih, paling maju. Buat masyarakat awam mungkin kata-kata “Japan” bisa diartikan jaminan teknologi canggih, keren. Tapi, ingat target market tadi, bagi keluarga muda yang melek informasi dan sadar nasionalisme, merek “Aqua Japan” ini juga tentu kurang menarik, karena unsur nama negara.

Saya dan kita tak memungkiri, teknologi Jepang memang terkenal baik dan handal. Tapi merek lain seperti SHARP misalnya, ga perlu disebutkan “jepang”-nya.

Belakangan saya lihat foto pamerannya, ternyata logo yang tertera di produknya ga pake “Japan” juga kok.. cuma “AQUA” aja 🙂

aqua-japan2-shnet-600x400

Kesan kedua, agak lebay, mencantumkan “Japan” di mereknya.

==

Kesimpulan :

  • Rebranding Sanyo jadi Aqua Japan sah-sah saja, hak perusahaan, tapi ga terlalu menarik sih, setidaknya bagi keluarga saya, keluarga muda yang konon jadi target market
  • Agak lebay, karena mencantumkan nama negara (dalam hal ini “Japan”) di merek produk, padahal produk serupa dari negara yang sama juga ga pake.

Btw, kalo bagi saya dan keluarga sih, brand Sanyo = pompa air, bukan kulas, TV, AC atau mesi cuci.

Bagaimana menurut Anda?

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s