Infografik Domain desa.id 2016

Hingga satu tahun setelah domain desa.id resmi diambil alih pengelolaannya oleh Registrar Domain Instansi Penyelenggara Negara – http://www.domain.go.id yang dikelola Direktorat E-government Kemkominfo RI, masih aja ada beberapa orang yang menghubungi saya dan bertanya soal apa itu desa.id, gimana daftarnya, apa saja syaratnya, kenapa kok rumit dan bla bla bla..

Untuk menjawab itu semua saya rasa akan panjang jika ditulis pakai teks, apalagi di chattingan whatsapp yang bikin hape bunyi terus 🙂 Saya coba rangkum apa yang saya ketahui soal domain desa.id, dalam sebuah infografik.

Sebenernya bisa lebih simple dengan hanya memuat tahapan dan cara pendaftaran, tapi mengingat kata Bung Karno “Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah” maka infografik desa.id ini pun saya sisipi sekilas proses perjuangannya.

Tujuannya jelas, agar publik juga tahu, bahwa desa.id adalah gagasan orang desa, diusulkan dan diperjuangkan oleh desa, sehingga ketika diluncurkan ke publik pertama kali ya sebagai domain publik, bisa didaftarkan di registrar domain .id mana saja, tidak harus di Pemerintah. Tapi.. sekarang, ah sudahlah..

Oya, ini bukan pesanan PANDI sebagai registri atau KOMINFO sebagai registrar, tapi tetap saya cantumkan logo dan alamat lengkap kedua lembaga itu, biar kalau bingung dan mau tanya -tanya soal desa.id, ke mereka saja.. ga ke saya lagi ^_^ GR!

domain-desa-id-infografis-pandi-kominfo

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s