s.id : Pemendek Pranala

Pranala = URL, alias alamat sebuah situs atau berkas di internet.

Biasanya kita paling males buat nginget-inget pranala yang panjang, apalagi buat ngetik pranala itu di hape. Contoh kasus : ketika kita punya sebuah dokumen yang tersimpan di Google Drive, maka kita bisa mengaksesnya dari mana saja, kapans aja (selama dalam jaringan alias online), tapi pranala bawaannya panjaaaang sekali.

Atau contoh lain, pranala blog saya ini https://katasoep.wordpress.com, dapat dipersingkat menjadi : http://s.id/katasoep –ketika diakses di peramban, hasilnya akan mengarah ke laman web yang sama.

Nah, di internet ada istilah URL Shortener, pemendek pranala.

Biasanya yang agak populer sebelum adanya pranala Indonesia, adalah bit.ly. Twitter juga punya layanan pemendek t.co, begitu pun google, punya goo.gl. Tapi semuanya produk luar Indonesia. Domainnya pun bukan domain internet Indonesia.

s-id-pemendek-url-shortener-pandi-soep

Jreng-jreng… ayo beralih ke pemendek pranala asli Indonesia : s.id

s.id = Shortener asli Indonesia, sebuah layanan pemendek pranala yang langsung dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Dengan s.id kita tak perlu lagi repot menggunakan layanan pemendek pranala luar negeri.

Bagusan mana s.id atau produk luar negeri?

Bandingin aja sendiri. Makanya wajib coba. PANDI mengaku, s.id ini fiturnya tak kalah dengan pemendek pranala bikinan orang luar. Selain domainnya yang cuma tiga karakter (s.id), hasil pemendekan juga bisa disesuaikan (customisasi) serta bisa langsung dibagikan melalui media sosial maupun surel.

So, ayo coba ke s.id, sekarang juga!

Satu pemikiran pada “s.id : Pemendek Pranala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s