Ngadongeng Google Keep di Lembang

Puluhan perangkat desa dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) berkumpul di sebuah villa di kawasan Lembang, Bandung Barat. Selama dua hari mereka diberikan materi seputar pemanfaatan teknologi untuk sistem informasi desa. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) KBB.

Hari pertama, ada pengarahan dan materi dari Pemkab KBB serta dilanjutkan dengan pengenalan sistem informasi desa oleh Relawan TIK KBB. Kebetulan salah satu pengurusnya adalah kawan saya, Nur Fajar Muharom, alias kang Ajay. Hari pertama ia mengajak Andri Johandri (Om Jo) mengisi sesi pelatihan sistem informasi.

soep kbb lembang 11 11 2016

Hari kedua, giliran saya. Karena menurut informasi yang saya terima, desa-desa di KBB ini masih banyak yang belum memiliki website dan “budaya digital”-nya pun belum mengakar, maka saya putuskan untuk membawa materi tentang membumikan pemahaman internet dan memanfaatkan salah satu aplikasi Google untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Saya Ngadongeng

Diawali dengan perkenalan singkat yang hangat, alhamdulillah saya diterima oleh para peserta. Kemampuan basa sunda saya yang belepotan ternyata masih manjur untuk mencairkan suasana yang semula tegang seperti lagi mau ujian nasional.

Sebagian besar presentasi saya dikaitkan dengan diskusi tanya jawab seputar pemahaman internet para peserta. Mereka saya kenalkan konsep dunia cermin, bahwa internet tidak boleh dianggap dunia ghoib, dunia maya yang tak terjamah, tetapi harus dianggap dunia cermin. Segala yang baik di dunia nyata harus tertampil baik juga di internet, dan sebaliknya kita harus hati-hati karena tak semua yang baik di dunia maya, adalah baik faktanya.

soep kbb lembang 11 11 2016 materi

Google Keep

Cukup seru ngadongeng ngaler ngidul seputar internet, dikaitkan dengan sejarah domain desa.id dan pemanfaatan TIK di desa. Saya kemudian mengajak peserta untuk praktik langsung memanfaatkan salah satu aplikasi sederhana yang jarang orang tahu dan gunakan, padahal gratis dan sangat berguna, yaitu Google Keep.

Saya ajak mereka untuk berbagi dokumen catatan yang mereka buat, lalu mereka berbagi dengan kawan sebelahnya dan akhirnya kita dalam waktu singkat bisa berbagi catatan, list serta foto secara realtime langsung dari ponsel masing-masing.

Saya menyampaikan bahwa Google Keep ini dapat digunakan untuk kepentingan sendiri, maupun penunjang pekerjaan. Check list pekerjaan harian, tugas bulanan dan sebagainya dapat dibuat dan dikerjakan bersama. Para peserta pun antusias menggunakan Google Keep 🙂

Saya berharap, pengalaman dan kebiasaan menggunakan Google Keep dapat menjadi modal untuk membiasakan para perangkat desa menulis. Menulis kesehariannya yang di masa depan dapat dikemas berupa informasi jurnalistik yang sistemik, hingga pada saat website desa aktif, kontennya akan terperbarui secara baik.

soep kbb lembang 11 11 2016 foto

Saya ingat, hari itu hari Jum’at, sehingga acara diakhiri sekitar pukul 11.00, tentu dengan ritual yang tak boleh dilewatkan, foto-foto. Saya pulang setelah melaksanakan sholat Jumat berjamaah di sebuah masjid tak jauh dari lokasi.

Demikian cerita dari Lembang, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s