GDM : Juguran Desa 7117 Bahas Basis Data Terpadu Desa

Menindaklanjuti hasil peringatan #5thGDM di Desa Gebangsari Kec. Tambak, 24 Desember tahun lalu, para pegiat Gerakan Desa Membangun (GDM) terutama yang berada di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya akan menyelenggarakan #jugurandesa dengan agenda membahas masalah #BDT (basis data terpadu) desa.

Juguran desa kali ini rencananya akan diselenggarakan di Pendopo Desa Pangebatan, Kec. Karanglewas, Banyumas pada hari Sabtu 7 Januari 2017 pukul 08.00-12.00 wib.

gdm-juguran-desa-membangun-banyumas-7-januari-2017-tdk-7117

Sekedar pengantar, berikut saya ulas latar belakang dan tujuan #jugurandesa kali ini.

Istilah BDT sebenarnya dikenal oleh kalangan pemerintah desa, daerah maupun pusat, sebagai upaya validasi dan pembaruan data untuk kepentingan program-program pemerintah, terutama yang terkait jaminan sosial dan pengentasan kemiskinan.

Namun, karena BDT ini menjadi domainnya Biro Pusat Statistik (BPS), maka baik pemerintah desa maupun daerah tidak mendapatkan hasil pembaruannya dari BPS.

Sesuai semangat UU Desa dan kewenangan local self governing community, maka desa-desa yang tergabung dalam Gerakan Desa Membangun di wilayah Banyumas berinisiatif untuk membuat dan mengelola basis data terpadu desa. BDT versi desa ini bukan bermaksud menyaingi BDT versi BPS, tetapi sebaliknya, untuk memudahkan dan mempercepat sinkronisasi data terbaru jika sewaktu-waktu dibutuhkan BPS maupun pemerintahan supra desa lainnya.

Dengan apa desa bisa mengumpulkan dan mengolah data BDT ini, teknologi informasi tentu diharapkan menjadi solusi. Ada beberapa Relawan TIK yang akan terlibat dalam pengembangan sistem aplikasi pendukung BDT Desa ini.

Pada Juguran 7117 nanti, akan disusun, basis data kependudukan yang saat ini ada di desa formatnya apa saja, kemudian dirangkai menjadi basis data terpadu bersama dengan data-data berbagai program pemerintah yang sampai hingga ke level desa, seperti program raskin, PKH, RTLH dan sebagainya.

Semoga, #jugurandesa 7117 ini dapat merelasisasikan salah satu resolusi #5thGDM, yakni terwujudnya basis data desa yang valid dan terbaharui dengan mudah dan aman memanfaatkan teknologi informasi sehingga memudahkan semua pihak memadukan data di masa depan.

—-

Sebelum juguran berlangsung, biasa… saya bagian woro-woro, melalui poster 🙂

Monggo yang mau hadir atau mendukung #jugurandesa ini. Yang ga mau ya gapapa, wong ga dipaksa kok ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s