RTIK Ajak Berinternet Sehat

Akhir-akhir ini (lebih) banyak orang membicarakan soal penggunaan internet, terutama media sosial yang “meresahkan”. Ada banyak konten, akun medsos serta situs web yang berisi informasi yang belum jelas kebenarannya (hoax), menyebarkan kebencian (hate speech) serta menyerang seseorang atau sekelompok orang tertentu. Kesemuanya itu kemudian disebut “konten negatif”.

Bahkan ada beberapa orang yang dengan sadar, menutup akun media sosialnya, untuk menghindarkan diri dari maraknya konten negatif tersebut.

Melihat perkembangan ini, salah satu organisasi sukarelawan dibidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Relawan TIK Indonesia kemudian berinisiatif mengkampanyekan “yuk ber #internetsehat”. Tak sendirian, Relawan TIK juga mereferensikan sebuah situs http://www.internetsehat.id sebagai sumber literasi digital bagi masyarakat.

#Internetsehat sendiri sebenarnya telah dikenal sejak belasan tahun lalu, dimana pegerakannya mengkampanyekan penggunaan internet secara bijaksana, dimotori oleh sebuah lembaga nirlaba bernama ICTWatch yang berkantor pusat di Jakarta.

ICT Watch sendiri, kabarnya sedang menggarap sebuah film dokumenter bertajuk #LenteraMaya dalam rangka menanggapi fenomena meningkatkanya konten negatif di internet atau dunia maya, biasa kita menyebutnya.

Semoga upaya sekecil apapun, dari pihak manapun, dapat bermanfaat untuk kebaikan kita semua.

Kalau saya berkarya apa? ya biasa.. baru bisa bantu bikin poster dan template kampanye #internetsehat untuk Relawan TIK saja.

rtik_internetsehat_kampanye_2017_jan_1

Bila berminat melihatnya, silakan kunjungi http://s.id/rtikis2017

Gratis!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s