Infografik APBDesa Tanjungsari 2017

Desa Tanjungsari Kec. Sukahaji, Kab. Majalengka Jawa Barat, pernah menjadi tuan rumah festival DesTIKa tahun 2014. Sejak itu saya berkesempatan mengenali desa yang dipimpin Kuwu Tasrip itu. Kuwu, adalah sebutan untuk Kepala Desa di daerah Jawa Barat.

Nah, tahun 2017 ini, Kuwu Tasrip secara pribadi meminta bantuan saya membuat infografik APBDesa agar lebih mudah untuk disebarkan melalui media sosial, whatsapp dan bbm katanya. Melalui Sekdesnya, pak Kuwu mengirimkan ringkasan APBDesa via surel beberapa hari lalu.

Setelah beberapa hari tertunda, hari ini akhirnya infografik itu selesai, dengan memanfaatkan “template” Infografis APBDesa Dermaji 2017 yang beberapa hari lalu saya publish juga.

Karya ini didedikasikan untuk desa-desa yang punya niat baik mempublikasikan anggarannya dengan harapan kedepan warga dan pemerintahan desa dapat memahami esensi kewenangan desa terkait anggaran itu. Jadi jangan tanya saya dibayar berapa bikin infografik ginian. 🙂

Saya agak tertarik soal angka anggaran bidang pemberdayaan masyarakat yang hanya 1,05% dari total APBDesa. Ah.. tapi saya coba positif thinking saja, mungkin warga Tanjungsari sudah dianggap berdaya.. jadi pos anggaran ini cukup segitu 🙂

Jika pun angka anggaran ini mungkin belum sesuai aturan Pemerintah, saya yakin kedepan seiring pemahaman yang lebih baik, maka struktur APBDesa pun akan semakin proporsional dan sesuai aturan.

Oya, satu lagi, karena infografik ini harapannya akan menyebar dan menjadi viral, maka saya sisipkan materi promosi Curug Ciborete. Sebuah potensi wisata alam desa Tanjungsari yang layak untuk dikunjungi.

Nah.  inilah penampakan Infografik APBDesa Tanjungsari 2017… jreng jreng..

infografis-desa-tanjungsari-apbdesa-2017-soep-gdm-tdk

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s