Wanasuta

Pertama kali mendengar ini, kayak nama orang. Nama orang jaman baheula. Tapi ternyata bukan. ya, bisa jadi ada juga sih yang pakai nama itu. Ternyata “wanasuta” adalah nama tempat wisata alam di Desa Dermaji, kecamatan Lumbir, Kab. Banyumas.

Konon, sebutan Wanasuta ini bermula dari adanya air terjun, alias curug yang ada di area itu. Curug Wanasuta demikian orang Dermaji menyebutnya.

wanasuta maret 2015 kondisi curug.jpg
Suasana Curug Wanasuta, Maret 2015

Tidak ada yang bisa menjelaskan asal muasal penyebutan itu, bahkan Kiswoto, Koordinator Pengelola Wisata Alam Wanasuta yang juga warga Desa Dermaji asli, pun tak bisa menjelaskan asal usulnya.

Oke lah.. sebut saja Wanasuta. nah, hari ini saya sempat berkunjung ke sana.

Sebelum Dibuka

Saat ini (22/3/2017) area wisata alam ini sudah tertata cukup rapi. Gerbang pintu masuk terlihat jelas, warung-warung penyedia makanan dan minuman berderet, petugas yang melayani pengunjung pun terlihat sigap.

Dulu, beberapa tahun lalu saya masih ingat, ketika berkenalan dengan Desa Dermaji bersama kawan-kawan Gerakan Desa Membangun, Curug Wanasuta ini sudah sering disebut-sebut. Ketika ada kegiatan GDM di Dermaji, para pesertanya diajak blusukan masuk hutan dan kebun, mengunjungi Curug Wanasuta.

wanasuta maret 2015 jalur turun ke curug
Track menuju Wanasuta, Maret 2015

Pun ketika tahun 2015 ada #dolandesa para pegiat GDM ke Dermaji, mereka juga mengunjungi curug wanasuta. Hingga pertengahan 2016 lalu, ketika teman-teman Blogger Banyumas mengadakan acara Juguran Blogger Indonesia. Selain desa Kalisari di Cilongok, Desa Dermaji juga dikunjungi. Para Blogger dari berbagai kota juga sempat diajak melihat Curug Wanasuta, yang waktu itu kondisi hutannya masih belum tertata seperti sekarang.

Berikut salah satu video blogger yang berkunjung ke kawasan Wanasuta, pertengahan 2016.

Wanasuta Kini

Kini wanasuta telah ditata, dibuka untuk umum setiap hari. Dikelola bersama oleh LMDH Wana Aji dan Perhutani, Melibatkan para pemuda dari karangtaruna Karanggedang (salah satu grumbul di Desa Dermaji) serta unsur pemuda pancasila desa Dermaji.

wanasuta maret 2017 bayu dan tim tdk

Atas undangan pak Haryoto, Ketua LMDH Wana Aji yang merupakan pengelola wisata alam wanasuta, bekerjasama dengan Perhutani KPH Banyumas Barat. Saya dan tiga kawan dari TDK pukul 14 siang sudah sampai lokasi. Ternyata mantan Kades Dermaji, pak Bayu juga hadir di lokasi itu.

Setelah bertemu pak Bayu dan pak Haryoto, mas Uung dan Arya, dengan sigap langsung mengambil gambar dan rekaman wawancara seputar wanasuta. Pertama dengan pak Bayu, kemudian dengan pak Haryoto.

Sempat turun gerimis ketika kami selesai interview. Karena itu kami sempat beristirahat di salah satu warung milik warga. Sambil berkenalan dan ngobrol sebentar, kami lanjutkan interview dengan perwakilan dari Perhutani, lupa namanya saya ^_^

wanasuta kiswoto lmdh wanaaji
Inilah pak Kiswoto, pengelola wisata alam Wanasuta, anggota LMDH Wana Aji.

Terakhir, interview dengan pak Kiswoto. Dia lah the man behind the scene pembukaan wisata alam wanasuta ini. Dia bersama kawan-kawannya yang setiap hari bekerja di hutan Perhutani memiliki ide untuk menata kawasan wanasuta menjadi lokasi wisata. Setelah diusulkan dalam organisasi LMDH, disetujui oleh para pengurus dan juga disetujui Perhutani, maka dimulailah proses penataan wisata wanasuta ini sejak Desember 2016.

Proses penataan hampir dua bulan, hingga Februari 2017 mulailah dibuka untuk umum, tanpa tiket. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp 2.000, biaya masuk ke kawasan curug wanasuta Rp 2.000 dan biaya memanfaatkan selfie deck di rumah pohon serta di tebing wanasuta Rp 2.000.

Rencananya, jika sudah diresmikan, maka pengunjung akan dikenakan tarif Rp 2.500 per-orang di pintu masuk.

Ceritanya berlanjut.

Satu pemikiran pada “Wanasuta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s