Infografik APBDesa Kalisari 2017

Desa Kalisari adalah salah satu desa di Kecamatan Cilongok, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Desa yang dikenal sebagai penghasil tahu ini beberapa tahun lalu pernah dinobatkan sebagai salah satu desa mandiri energi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

Jika Anda berkunjung ke Desa Kalisari, maka bukti kemandirian energi itu bisa dikonfirmasi. Anda dapat menjumpai instalasi pengolahan limbah cair dari pabrik-pabrik tahu yang menghasilkan gas dan disalurkan kembali ke rumah-rumah pengrajin tahu serta rumah warga lainnya. Pengelolaannya dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kalisari.

Menurut Kades Kalisari, Aziz Masruri, hingga tahun 2016, baru 56% limbar cair yang diolah dari pengrajin tahu. Setelah diolah, dapat menghasilkan gas untuk keperluan rumah tangga dan industri tahu di hampir 21% rumah warga di desa ini. Harapannya jika 100% pengrajin tahu menyalurkan limbah cairnya ke instalasi ini, maka diharapkan separuh rumah di desa Kalisari dapat menikmati pasokan gas non stop 24 jam, dengan harga yang jauh lebih ekonomis dibandingkan ketika harus menggunakan gas Elpiji dari Pertamina.

Selain itu, Pemdes Kalisari juga kerap melakukan kegiatan promosi produk tahu ini di berbagai event. Juga mempopulerkan “salam tahu”. Salam tahu ini menjadi ikon yang juga untuk mempromosikan tahu dari kalisari, dalam setiap kesempatan berfoto.

Salam tahu digambarkan dengan cara mempertemukan ujung telunjuk ditahan dengan ibu jari, sehingga membentuk “kotak” yang melambangkan tahu. Ya, kadang ga kotak juga sih, sering terlihat “bulat” juga. Seperti juga tahu, yang kini ga cuma bentuk kotak, tapi juga ada yang bulat, malah lebih populer yang bulat gara-gara “tahu bulan keliling” ^_^

Nah, karena fakta menarik ini, maka ketika Kades Kalisari meminta bantuan saya membuat Infografik APBDesa tahun 2017, maka saya putuskan untuk menggunakan elemen visual instalasi pengolah limbah cair tahu itu.

Hasilnya.. jreng jreng..

infografik apbdesa kalisari cilongok 2017

Untuk yang mau meniru, silakan ditiru, dengan tetap menaati lisensi Creative Commons – CC-BY-NC-SA sebagaimana yang saya cantumkan dibagian bawah infografik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s