Polisi, Domain .COM, Email Yahoo!

Foto ini saya ambil di Pantai Widarapayung, Kec. Binangun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Hari Minggu (23/4/17) sesaat setelah selesai menemani keluarga berwisata di pantai ini. Dimana kendaraan operasional kepolisian bertuliskan nomor telepon, e-mail serta nama domain website-nya.

polres cilacap dot com email yahoo mobil strada 2017 april 23 binangun widarapayung

Sekilas, mungkin terlihat biasa saja. Tapi coba perhatikan lagi, e-mail dan nama domain website Polres Cilacap yang tertulis di mobil ini.

Kok .COM

Membaca alamat website resmi Polres Cilacap, saya kok merasa aneh. Kepolisian kok pakai domain “.com”, padahal ekstensi “.com” itu diperuntukkan untuk website dengan tujuan “commercial” (komersial).

Jadi, terasa cukup janggal apabila dibaca “polrescilacap.com” bermakna “polrescilacap=commercial”, hehe.. masa Kepolisian komersial ? ^_^

Solusi

Menurut saya Polres Cilacap bisa menggunakan domain “go.id”. Domain “go.id” adalah ekstensi domain internet untuk entitas Pemerintahan Indonesia, dimana Kepolisian adalah salah satunya.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Kominfo RI No. 05/2015 tentang Registrar Domain Instansi Penyelenggara Negara, terutama terkait dengan peruntukkan domain .go.id.

Beberapa alternatif solusi nama domain resmi Polres Cilacap, menurut saya :

  1. polrescilacap.go.id (domain sendiri)
  2. polrescilacap.poldajateng.polri.go.id (sub domain tingkat 3 dari POLRI)
  3. polrescilacap-jateng.polri.go.id (sub domain tingkat 2 dari POLRI)

Saya paham jika tidak semua orang mengerti makna ekstensi domain internet. Tetapi akan sangat memalukan rasanya, institusi Negara seperti Kepolisian tidak paham makna ekstensi domain internet sehingga salah menggunakan ekstensi domain.

Kok Yahoo?

Nah, e-mail-nya juga tak kalah aneh. Sebagai sebuah institusi milik Negara, Kepolisian tentu memiliki anggaran yang cukup untuk memiliki dan mengelola sistem surat elektronik (e-mail).

Selain itu, sebagai institusi Negara yang memiliki struktur sangat teratur dari Pusat hingga ke daerah, tentu penamaan e-mail pada masing-masing tingkatan mungkin sudah diatur.

Anehnya, Polres Cilacap justru menggunakan e-mail dengan alamat “polrescilacap@yahoo.co.id” yang notabene e-mail “gratisan”.

Akan sangat mudah membuat e-mail serupa untuk memalsukan identitas e-mail atas nama Polres Cilacap, misalnya : “polrescilacap@yahoo.com”, “polrescilacap@ymail.com” dll.

Pemalsuan alamat e-mail institusi kepolisian ini mungkin melanggar hukum, tetapi secara teknis harusnya dapat diantisipasi dari awal, dengan tidak menggunakan layanan e-mail gratisan seperti “@yahoo” atau “@gmail”.

Solusi

Andai boleh saya sarankan, mungkin Polres Cilacap dapat menggunakan e-mail dengan nama akun sebagai berikut :

  • polrescilacap@polri.go.id (langsung menginduk domain POLRI)
  • polrescilacap@poldajateng.polri.go.id (menginduk sub domain POLDA Jateng)
  • info@polrescilacap.go.id (menggunakan domain sendiri sesuai peraturan pemerintah)

Mungkin karena saya kurang kerjaan aja, sampai sempet kepikiran soal ini.

Semoga semua saluran komunikasi dan informasi Polres Cilacap, apapun teknologi / layanan yang dipakai dapat digunakan untuk memudahkan masyarakat menghubungi Kepolisian, bukan hanya sekadar tulisan yang tertempel di stiker kaca mobil polisi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s