Resolusi #4thdesaid

Hari Sabtu (6/5) di Balai Desa Karanganyar kecamatan Karanganyar Kab Purbalingga, saya membacakan 3 resmolusi peringatan 4 tahun domain desa.id.

(1) desa.id harga mati

– Sesulit apapun persyaratan dan proses pendaftaran, desa-desa bertekad untuk tetap bangga memilih dan menggunakan domain desa.id

– Meskipun sudah diambilalih pemerintah, desa-desa tetap merasa bahwa desa.id adalah gagasannya. Karya desa, milik desa, identitas desa di dunia maya.

– Desa-desa percaya suatu saat domain desa.id akan digunakan seluruh desa di Indonesia secara mandiri dan berkelanjutan.

(2) Kembalikan Semangat Desa Bersuara

– Desa kembali menemukan semangat untuk bersuara, menulis apa yang menjadi keinginanya untuk diketahui dunia

– Desa kembali semangat untuk menggunakan media apa saja, terutama media digital dalam mempublikasikan dirinya dan mempromosikan potensinya

(3) Perluas dan Perkuat jejaring Desa

– Siapa pun dan sebagai apa pun kita dapat bekerjasama melakukan perbaikan di desa

– Kerjasama saling menguatkan dan membantu antar desa diwujudkan dalam jejaring dan lingkar belajar dengan semangat “desa membangun”

– Pemerintahan desa juga terbuka pada peran aktif pemuda, penggiat organisasi hingga para akademisi dalam upaya bersama membangun desa dalam aksi nyata, bukan sekadar wacana


Ada yang bertanya, kok cuma tiga? 4 tahun bagusnya 4 resolusi juga donk.

Hmm.. Jika harus ada resolusi keempat, tentu itu adalah revisi PERMENKOMINFO terkait desa.id

Ahaha.  Sengaja tidak saya sampaikan di forum hari ini. Tapi cerita saya tentang latar belakang resolusi keempat ini mewarnai sekitar satu jam terakhir sesi juguran santai.

IMG-20170506-WA0047

Ya! Kembalikan desa.id menjadi domain publik untuk desa, bukan domain pemerintah yang dipahami sempit diperuntukkan hanya untuk pemerintah desa. Itu inti dari dongeng saya tadi sore jelang penutupan acara.

Desa.id saat ini diatur dalam PERMENKOMINFO Nomor 5 tahun 2015. Namun, sejak terbit Februari 2015 dan efektif berlaku mengambilalih pengaturan desa.id 1 Juli 2015, permen itu telah membuat desa.id seperti kehilangan semangat.

Karena itu tema peringatan ulang tahun desa.id yang keempat adalah “kembalikan semangat”

Saya mengajak para pengguna desa.id khususnya dan seluruh orang desa pada umumnya untuk berdoa kepada Tuhan yang kita percaya, agar siapa pun yang membuat aturan terkait desa.id ini segera disadarkan.

Disadarkan bahwa desa.id adalah gagasan desa yang perlu diakui, diatur tapi tidak dipersulit dan dihilangkan semangat dibalik gagasannya.

Kita sudah berusaha menyampaikan usulan revisi permen ini kepada Menteri Kominfo, Rudiantara pada Oktober 2015, lalu melalui PANDI Meeting 7, Oktober 2016. Namun sampai tulisan ini ditulis, belum membuat permen tersebut berubah.

Maka, jika orang-orang dibalik PERMENKOMINFO itu tidak juga sadar, kita kembalikan pada mekanisme alam, dimana Tuhan maha kuasa atas semua mahluknya. Biarkan Ia mengubah PERMENKOMINFO itu dengan caranya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s