Sembunyikan “Akses Cepat” di Google Drive

Buat para pengguna Google Drive, mungkin ada yang merasa terbantu dengan fitur “akses cepat” yang ditambahkan oleh Google beberapa bulan lalu. Fitur ini berfungsi menampilkan file-file terakhir yang diakses (di klik maupun dibuka) oleh pengguna. Biasanya berupa tiga atau empat buah thumbnail file yang terakhir kita akses.

drive akses cepat 3
contoh tampilan fitur “Akses cepat” di Google Drive

Mengganggu

Bagi saya pribadi, ketika ada pembaruan fitur ini, cukup membantu menemukan file terakhir yang saya akses dengan lebih cepat. Tetapi lama kelamaan fitur ini terasa mengganggu, terutama karena ukuran thumbnail dari file terakhir yang kita akses menurut saya terlalu besar, mengalahkan ikon folder dibawahnya.

Sembunyikan

Jika kita merasa fitur “akses cepat” ini mengganggu kita untuk mengakses file / folder lain yang ingin kita buka di Google Drive, maka kita harus mengubah pengaturan (setting) Google Drive.

drive akses cepat 1

Pertama klik ikon “Setelan / Settings” berupa gambar gear di bawah foto profil akun Google. Kemudian klik sub menu “Setelan / Settings”.

drive akses cepat 2

Kemudian cari ke bagian bawah pengaturan, lalu uncheck bagian “Akses Cepat”. Jangan lupa klik “SELESAI”.

Refresh

Perubahan setelan ini memerlukan reload page karena itu setelah mengubah setelah, jangan lupa kita klik ikon “reload” di browser, atau klik tombol F5 pada keyboard. Hasilnya, laman Drive kita akan bersih dari 4 gambar besar fitur “akses cepat”.

—-

Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s