Google Takeout

Beberapa orang mungkin pernah nyari-nyari tips “how to backup and restore Gmail” atau “bagaimana cara migrasi akun Google”, nah semoga tulisan saya berikut ini bermanfaat.

google takeout

Langkah pertama untuk backup akun Google adalah mengambil (take-out) data kita dari server Google. Sekadar catatan, ini sudah saya ujicoba sendiri dan alhamdulillah, berhasil. Silakan anda mulai dengan membuka alamat URL : https://google.com/takeout 

Pilih apa yang mau dibackup

Pertama kita perlu ingat bahwa satu akun Google (baik yang berakhiran @gmail.com maupun @domain-sendiri yang menggunakan layanan GSuite) terhubung dengan lebih dari satu layanan Google.

Pastikan kita sedang login dengan akun Google yang akan kita backup ketika mengakses Google Takeout, atau login jika belum. Di laman Google Takeout kita dapat memilih aplikasi / layanan Google mana saja yang akan kita back-up.

google takeout pilih layanan

Kalau saya, yang paling penting untuk di-backup adalah (1) Gmail (2) Kontak (3) Kalendar (4) File di Google Drive (5) Google Keep (6) Foto. Layanan lain seperti Google Groups, Google Maps my Location, YouTube (RSS) hingga Google Fit juga bisa dibackup sesuai kepentingan Anda saja.

Jika sudah dipilih, klik “SELANJUTNYA”

Tentukan Opsi Arsip

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah jenis file arsip. Kita bisa memilih 1 dari 3 format file arsip yakni (1) .zip (2) .tgz (3) .tbz. Jika jumlah data Anda kurang dari 2 GB, saya sarankan pilih .zip, dengan maksimal backup file 2 GB.

Tetapi jika lebih dari 2GB maka lebih baik pilih .tgz atau .tbz karena kapasitas maksimal backup bisa mencapai 50 GB. Para pengguna windows harus menggunakan aplikasi tambahan untuk membuka file .tgz atau .tbz, saran saya gunakan .7zip (gratis).

google takeout opsi arsip

Selain itu yang penting untuk dipilih adalah bagaimana kita mendapatkan tautan ke file backup yang sudah menjadi arsip. Saya biasanya memilih opsi pertama, yaitu mendapatkan tautan ke email. Opsi lain, kita bisa menambahkan arsip itu ke Google drive, Dropbox atau Onedrive.

Jika sudah dipilih ketiga opsi itu, silakan klik “BUAT ARSIP”

Tunggu, sampai arsip siap 🙂

Selanjutnya kita tinggal menunggu, hingga arsip selesai dibuat. Berapa lama, bahkan Google sendiri tak bisa memastikan, sangat tergantung berapa banyak file yang ada dalam masing-masing layanan Google yang terpakai.

google takeout arsip dibuat.png

Jika membackup semua layanan atau beberapa layanan terlalu lama, kita bisa kok membackup setiap layanan satu per satu sehingga arsipnya menjadi lebih cepat terbuat dan dapat diunduh.

Jika arsip sudah selesai, maka Google akan mengirim kita email. Atau jika Anda memilih opsi send to Drive/Dropbox/OneDrive maka file arsip akan terdapat di sana. Sewaktu-waktu kita dapat melihat progress arsip melalui laman Google Takeout

Arsip Siap Diunduh

Jika ada arsip yang sudah siap diunduh maka laman Google Takeout kita akan tampak seperti contoh berikut ini :

google takeout arsip siap

Catatan penting : arsip yang kita buat akan bisa diunduh dengan batasan waktu selama 7 hari, setelah itu arsip akan dihapus otomatis oleh Google.

—-

Demikian.. semoga bermanfaat. Insya Allah akan berlanjut ke tulisan tentang Cara Mengembalikan Email (MBOX) Gmail ke Gmail Baru / Lain, juga Cara mengembalikan Kontak ke Gmail Baru/Lain serta Cara mengembalikan file Drive ke Google drive baru/Lain.

Semoga dapat segera saya tulis dan publish.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s