Misteri Logo Kemendag RI

Biasanya, logo-logo instansi pemerintah itu selalu dekat dengan kesan ramai dengan ornamen simbolik, warna-warni dan kalau itu warisan jaman order baru, biasanya ada padi dan kapas. Tapi, tahu kah Anda kementerian yang satu ini berbeda. Bahkan sangat berbeda dari instansi lainnya.

logo Kemendag RI
Inilah, logo Kementerian Perdagangan RI

Coba perhatikan, tidak ada ornamen simbolik apa-apa, hanya kotak warna biru gelap yang berisi tiga baris tulisan berwarna putih, agak mojok di bagian kanan atas kotak. Tiga baris tulisan itu adalah “Kementerian”, “Perdagangan”, dan “Republik Indonesia”.

Sedangkan di bagian bawah kotak, ada tulisan lagi, “Ministry of Trade”.

Luar biasa, ini desainer logonya entah menerapkan teori desain apa, tapi yang pasti menurut saya ini sangat unik. Sangat mendobrak kebiasaan logo instansi yang serba ribet, warna-warni dan kaya akan cerita simbolik yang kalau dipaparkan, butuh waktu lama.

Ini tidak, Logo Kemendag ini sangat sederhana. Sayangnya saya juga tidak berhasil mendapatkan informasi yang valid siapa desainer logo ini dan apa makna dari logo ini. Misalnya, kenapa tulisan tiga baris warna putih di dalam kotak, kok harus mepet ke kanan, sampai tak ada jarak sama sekali.

Lalu, huruf yang digunakan pada tiga baris tulisan dalam kotak dan tulisan dibawah kotak, ternyata tidak sama juga, mengapa hal ini dilakukan? mungkin ada alasannya, dan saya tidak dapat referensi yang cukup untuk menuliskannya di sini.

Satu-satunya informasi yang saya dapat adalah bahwa logo ini digunakan sejak tahun 2012, setelah penggunaan logo sebelumnya sejak 2009. Informasi ini dari laman Wikipedia, Anda pun bisa membacanya di sini.

Selebihnya, menurut saya, makna dari logo kementerian ini masih jadi misteri. hihihi.

Bagi Anda yang membutuhkan gambar atau vector logo Kemendag RI ini, silakan unduh dari s.id/kemendag Gratis!