Penghambat Utama itu Bernama “Anda”

Hambatan tidak bisa menghentikan Anda. Masalah tidak bisa menghentikan Anda. Orang lain tidak bisa menghentikan Anda. Atas Izin Allah, Andalah yang bisa menghentikan Anda. Sekuat apapun orang menghambat Anda, orang tersebut punya keterbatasan waktu, keterbatasan energi dan keterbatasan tempat. Dia tidak bisa menghambat 24 jam dan terus menerus bersama Anda.

Namun Anda lah penghambat sejati diri Anda sendiri. Anda lah yang membersamai kehidupan Anda 24 jam seumur hidup Anda di manapun, dalam kondisi apapun. Anda adalah sosok pertama dan terakhir yang menolak atau menyetujui perubahan dalam kehidupan Anda.

Walaupun 1000 orang percaya pada diri Anda tidak banyak membantu Anda manakala Anda tidak percaya pada diri Anda sendiri. Sebaliknya 1000 orang meragukan Anda tidak akan mampu menghambat Anda manakala anda percaya pada diri Anda.

Allah pun berfirman “Sesungguhnya Allah tidak merubah nasib suatu kaum kalau kaum tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri”.

5 Penghambat diri yang harus Anda kelola adalah: M4B

  • MENGELUH
  • MENUNDA
  • MALAS
  • MENYALAHKAN
  • BANYAK ALASAN

Anda perlu lingkungan yang baik, teman yang baik dan guru terbaik yang mau mengingatkan Anda manakala Anda sedang menghambat diri Anda sendiri.

Dicuplik dari kiriman Aris Ahmad Jaya via WhatsApp.